RSS

Jumat, 24 Mei 2013

BLOG, Sarana Aktualisasi Diri



Banyak hal yang bisa menjadi bukti eksistensi diri. Medianya menyebar di mana-mana. Dan  Anda bebas memilihnya?Eksis dengan cara alay, memburu sensasi, ataukah memilih cerdas dengan eksis di media  positif. Blog, adalah media yang paling tepat untuk para pemikir-pemikir  yang ingin maju.
Menulis, adalah alasan kenapa saya membikin blog. Mungkin alasan yang sama dengan manusia-manusia lainnya yang juga memiliki website pribadi ini. Ada rasa menyesal yang membuncah karena baru memiliki diary online ini setahun terakhir. Padahal nyaris tiap peristiwa bersejarah dan momentum penting  yang saya alami, terekam jejaknya dalam  simpul-simpul  kata di folder-folder laptop. Maklum, saya paling tak handal dalam menulis fiksi. Entah karena tak suka dengan dunia khayal atau dongeng. Tapi menurut saya, problem dan realitas penting yang saya alami, membuat jemari ini akan lebih mudah menemukan alur dan ujung perjalanannya. Jadilah, seluruh bagian dalam hidup saya, terceritakan dengan baik lewat tulisan-tulisan yang saya museumkan sendiri.
Dulu, saya tidak terlalu berminat membagi tulisan lewat media sosial apapun. Semua tersimpan rapi. Serasa bahagia saja, jika hanya menyimpan dan menguncinya sendiri. Alhasil, jika membacanya sesekali waktu, akan membuat wajah ini melahirkan beragam ekpresi. Terkadang senyum sendiri jika membaca cerita di masa kecil, masa remaja. Ketawa terbahak-bahak jika membaca tentang pengalaman jatuh cinta pertama kali, dan terkadang menangis jika membaca tentang kepergian atau pengkhianatan seseorang. Saya berfikir, semua tulisan itu  adalah gudang cerita perjalanan hidup saya. Atau lebih tepatnya adalah sejarah di masa lampau. Dan sekali lagi, tak ada satu orang pun yang tahu.  
Namun lambat laun pikiran saya sudah mulai terbuka. Seorang sahabat  berhasil mendoktrin pikiran saya. Apa gunanya menyimpan semua cerita seorang diri. Toh kita adalah makhluk sosial, yang sudah seyogyanya berinteraksi dengan banyak orang. Dan bukankah lebih mulia lagi, jika orang bisa mengambil nilai positif atau nilai kebenaran dengan membaca tulisan kita! Apalagi di zaman reformasi ini, semua orang dilindungi negara untuk mengeluarkan pendapat dan berbagi idenya. Tentunya dengan mempertimbangkan  adat ketimuran kita, yang menjunjung tinggi nilai etika dan toleransi. Yakni tidak menyerang unsur suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).
Saya rasa benar, tidak ada ruginya juga membagi karya tulisan sendiri. Apalagi media sosial sekarang telah menjamur di semua segmen. Saya menyenangi dunia penulisan. Mengagumi beberapa penulis-penulis handal. Dan belajar dari teknik dan gaya penulisan mereka. Kemudian naluri menggerakkan tangan saya untuk menceritakan tiap peristiwa unik yang saya alami. Mungkin hanya sebatas tulisan dari kisah pribadi, dan juga  semacam opini atau ulasan aktual. Tapi setidaknya, menulis akan membuat suara kita akan tersimpan abadi.  Selama-lamanya akan terkenang. Saya sepakat dengan pernyataaan seorang sastrawan besar. Bahwa semua orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan sejarah. Setidaknya itulah prinsip dari Pramoedya Ananta Toer, penulis favorit saya. Yang mendedikasikan sebagian hidupnya untuk dunia penulisan.

Sedikit jujur, saya adalah orang yang sebenarnya gagap teknologi. Tidak terlalu mengambil pusing untuk semua aplikasi-aplikasi teknologi. Apalagi menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop sembari berselancar di dunia maya. Saya benar-benar kaku, tak menganggap blog itu penting dan bisa  menjadi bukti eksistensi diri di tengah teman-teman yang  alay (Baca: Kekanak-kanakkan). Meskipun, koleksi tulisan saya hanya terpigura manis di folder-folder saja. Hingga seorang sahabat pecinta sastra, yang memiliki ratusan tulisan dalam bentuk essai, puisi, cerpen, yang sedikit me-modernkan pikiran saya dengan menyarankan untuk membuat blog. Saya pun akhirnya membuat blog melalui petunjuk-petunjuk singkatnya. Hingga akhirnya bisa memiliki blog sederhana ini. Media penyaluran hobby saya pun telah di genggaman. Yang artinya, saya bebas menulis apapun yang tersirat di benak dalam buku harian cantik ini.
Ada rasa cemburu jika melihat tampilan cantik dan berkualitas blog-blog orang lain atau para penulis terkemuka. Kenapa tidak sedari dulu saya memiliki blog. Kesibukan benar-benar telah membutakan saya untuk aktif di dunia positif ini. Tapi lebih baik terlambat, daripada tidak sama sekali. Pun ada kebanggaan tersendiri, jika menyadari kebiasaan menulis saya tak bisa dilakukan oleh semua orang. Setidaknya itulah yang saya sadari, jika melihat apresiasi dan ekpresi kagum para teman dan sanak keluarga yang sempat mampir di blog pribadi saya.
Seandainya saya tidak nge-blog? Saya akan terlihat bodoh oleh diri saya sendiri. Menjadi orang yang tidak jujur dengan kata hati sendiri. Tidak cerdas membaca fenomena terbaru yang ada. Tidak kritis menganalisis realitas yang ada. Dan seandainya saya tidak nge-blog? Saya akan menjadi seorang pegawai kantoran, yang hanya memikirkan tugas, kerja, dan tanggung jawab di kantor. Tidak mendapat media hiburan lain yang bisa mengembangkan potensi positif lain yang saya miliki. Yang tentunya bisa mengembangkan pencapaian otak kanan saya. Dan seandainya saya tidak nge-blog? Dunia saya semakin hari akan semakin sempit. Karena cakrawala pemikiran saya hanya terbatas. Sementara dunia ini begitu luas, untuk mencari titik kebahagiaan yang lain. Seperti bahagia saya yang akhirnya bisa memiliki blog pribadi.
Untuk sampai pada tatanan  bahwa blog bisa menjalarkan ikatan perkawanan saya, rasa-rasanya efeknya belum terlalu signifikan. Karena kevakuman saya untuk menekuni serius bidang ini. Dan umur blog saya masih seumur jagung. Beruntung, menjadi peserta dalam Lomba Menulis yang diselenggarakan Komunitas Blogger Anging Mammiri Makassar, sedikit  membuat  waktu saya tersita di sana. Dikejar deadline tiap minggu untuk mengejar setoran tulisan, rasa-rasanya memberi tantangan tersendiri di tengah kesibukan yang mencekik. Berupaya menjalin perkawanan dengan orang-orang baru, yang satu kecintaaan dengan saya di dunia menulis, tentunya memberi warna tersediri juga. Meskipun  saya belum pernah bertatap muka langsung dengan peserta lomba dan anggota komunitas ini. Semoga hari-hari ke depannya kita bisa dipertemukan dalam satu waktu dan kesempatan.
Selagi masih muda, mari mengaktualisasikan diri dengan hal positif. Salah satunya dengan memiliki blog pribadi. Konten yang bisa ditawarkan pun beragam. Kita bisa memosting jepretan hasil-hasil  foto. Atau mengekspos buah karya tulisan, membuat game, atau menjadikannya tempat berbisnis. Tergantung dari bakat dan potensi yang kita miliki. Seperti saya yang merasa tetap  eksis dan up-date dengan nge-blog. Tentunya di samping alasan utama, yakni menyalurkan suara hati sejujur-jujurnya. Biar tetap terukir dan terekam abadi. Seperti itulah kecintaan saya terhadap dunia blog. Untuk aktualisasi diri, dan untuk membuktikan kalau saya benar-benar berfikir. Selamat nge-blog!!!

10 komentar:

Ade Anita mengatakan...

tampilan blogmu keren deh.. aku suka. Kalem, tapi isinya yahud banget. Aku juga suka ngeblog.

KATALIS HATI mengatakan...

Sudut pandang... Setiap orang memilikikinya, berbeda satu sama lain. Jika dianugerahi kemauan menulis, bagi sudut pandang itu, smoga bermanfaat. (pesan untuk diri sendiri). Hehe. Mari berbagi semangat menulis... Blog sebagai sarananya...:D

yunarty itu aty_bidam mengatakan...

aku idem sama mba ade, blognya keren, pengen juga ah rapikan blog kek gini... :D

Mugniar Marakarma mengatakan...

Sama mbak, saya juga tak suka nulis fiksi. Makanya ngeblog itu jadi asyik banget ya :)

Iya, blognya keren. Gimana cara disainnya? Disain sendiri ya mbak?

Shaela Mayasari mengatakan...

@mbak Ade & Yuni: Makasih yah. Tp blog ku sangat biasa kok mbak.
@katalis hati: Semangat menulis.hehhe
@Mugniar:DESainx dpt d google aja. Download d template favorit. tRUS Kodex dmasukkin d blog deh.

Shaela Mayasari mengatakan...

Terimakasih sudah mampir yakk

Catcil Ku mengatakan...

Ngeblog...lanjutkan... :D Manfaatnya berasa

ExtraIndo Suksesbersama mengatakan...

Sangat tergugah dengan pesan dari sang Legendaris Pramodya Ananta Toer.
Blog benar2 telah membuat gerbang2 yang dulu tersekat2 kini terbuka lebar, dan sepakat jika dikatakan telah menjadi aktualisasi diri,
terus terang juga saya bisa menulis walau tidak setenar dengan yang sudah ngetop karena belajar nulis atau berawal dari blog..,
Dan banyak model dan gaya yang didapat sehingga bisa jadi semua itu adalah pengaruh yang secara tidak langsung mempengaruhi gaya bertutur...

salam.. and keep writing and keep blogging..

Dari : Haerul
http://pingplangplong.blogdetik.com/

NABILA SHOP mengatakan...

TOKO HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA NABILA SHOP Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo Nabila Shop Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com
Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000

NABILA SHOP mengatakan...

TOKO HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA NABILA SHOP Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo Nabila Shop Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.
Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.
BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com
Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000

Posting Komentar